Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Provinsi Riau       

shadow

PT. Permodalan Ekonomi Rakyat

Nama Perusahaan : PT. PERMODALAN EKONOMI RAKYAT
Tanggal Pendirian : Kamis, 19 Jun 2003
No. Telephone : (0761) - 33984
No. Fax :
Email : per.provinsi.riau@gmail.com
Website : http://www.perriau.com
Alamat : Komplek Perkantoran Grand Sudirman Blok B4-B5, Jl. Datuk Setia
Maharaja, Pekanbaru, Riau.
shadow

Pembentukan PT. Permodalan Ekonomi Rakyat merupakan perwujudan komitmen politik dan suatu kebijakan daerah yang bertitik tolak dari kondisi sosial ekonomi nasional umumnya dan Riau khususnya, sekaligus sebagai terobosan pemberdayaan UMKM di Provinsi Riau yang merupakan salah satu upaya untuk mengurangi jumlah penduduk miskin.

Selain itu, pembentukan PT. PER juga dilatarbelakangi oleh pengalaman yang cukup panjang dari upaya-upaya pemerintah dalam memberdayakan UMKM melalui proyek-proyek pemberdayaan masyarakat dengan hibah, grant dan dana bergulir. Pemberdayaan UMKM melalui proyek-proyek tersebut boleh dikatakan tidak memperlihatkan hasilnya, bahkan telah membentuk sikap mental masyarakat menunggu kapan lagi datangnya bantuan pemerintah. Program dana bergulir pembeliannya macet total, hanya sekitar 10% yang dapat dikembalikan kepada pemerintah daerah.

Kondisi demikian menyebabkan Pemerintah Provinsi Riau mencari bentuk, pola, sistem dan prosedur pengelolaan dana kepada UMKM yang dapat dilakukan secara terus menerus, tidak terikat kepada tahun anggaran pemerintah, tidak dilakukan tergesa-gesa serta melalui analisis yang komprehenship, sehingga tepat guna dan tepat sasaran. Agar supaya maksud tersebut terwujud, maka pengelolaan dana tersebut harus dilakukan oleh suatu institusi/lembaga yang bersifat otonom dan berbadan hukum sendiri yang bertugas khusus memberdayakan UMKM.

Atas dasar pemikiran tersebut, Pemerintah Provinsi Riau mempersiapkan pembetukan suatu institusi dalam bentuk Lembaga Keuangan bukan Bank milik daerah (BUMD) dalam bentuk Perseoran Terbatas. Pada tahun 2002 Pemerintah Provinsi Riau berdasarkan Peraturan Daerah No. 19 tahun 2002 membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Permodalan Ekonomi Raktar (PT. PER) yang pada hakekatnya dimaksudkan untuk mengatasi masalah permodalan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), bahkan juga koperasi dalam rangka mengembangkan dan memberdayakan ekonomi rakyat Riau secara profesional sebagai salah satu upaya untuk mengurangi jumlah penduduk miskin.

VISI

Terwujudnya PT. Permodalan Ekonomi Rakyat sebagai Mitra Usaha Terpercaya dalam Mengembangkan Ekonomi Rakyat di Provinsi Riau

 

MISI

  1. Menyalurkan kredit untuk modal usaha UMKM.
  2. Membina manajemen usaha UMKM melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan.
  3. Melakukan Bina Mitra Usaha dalam memajukan Ekonomi Rakyat.
  4. Melaksanakan Kerjasama dalam rangka Retribusi Asset.
Komisaris  : H. Khaidir Akmalmas
Direktur Utama : H. Syamsul Bakri, S.E, M.M
Direktur : Rudi Alfian Umar, S.Sos

No. Penghargaan Keterangan
1 BUMD & CEO BUMD AWARD 2006 Terbaik 1 kategori Sektor Aneka Usaha yang diselenggarakan oleh Majalah Business Review dan Badan Kerja Sama BUMD Seluruh Indonesia bekerjasama dengan MarkPlus & Co, Leadership Inc. Stern Steward & Co yang difasilitasi oleh Departemen Dalam Negeri RI dan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2006 di Jakarta.
2 Piagam Penghargaan ”Peserta Malam Apresiasi Wajib Pajak” Yang diselenggarakan oleh Departemen Pajak Provinsi Riau pada tanggal 10 November 2010 atas kontribusi dan Pembiayaan Pembangunan melalui Pembayaran Pajak.
3 BUMD & CEO AWARD 2014 Yang diselenggarakan oleh oleh Majalah Business Review dan Badan Kerja Sama BUMD Seluruh Indonesia pada tanggal 16 September 2014 bertempat di Financial Hall, Graha CIMB Niaga Lantai 2, Jakarta. PT. Permodalan Ekonomi Rakyat mendapat penghargaan dari salah satu kategori penilaian BUMD Award 2014 yaitu sebagai TERBAIK 2 (dua) dalam Kategori BUMD Keuangan Non Bank Terbaik 2014 sedangkan Gubernur Provinsi Riau juga mendapat Piagam Penghargaan TERBAIK 2 (dua) sebagai Pembina BUMD Keuangan Non Bank Terbaik 2014. Piala dan Piagam penghargaan diserahkan oleh Bapak Drs. Reydonnyzar Moenek, M. Devt. M selaku Direktur Jenderal Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI.