Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Provinsi Riau       

shadow

PT. Bank Riau Kepri

Nama Perusahaan : PT. BANK RIAU KEPRI
Tanggal Pendirian : Jum'at, 01 Apr 1966
No. Telephone : (0761)-47070
No. Fax :
Email : corsec@bankriaukepri.co.id
Website : http://www.bankriaukepri.co.id
Alamat : Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri Jalan Jenderal Sudirman No.462 Kota
Pekanbaru Provinsi Riau
shadow

Dengan spirit baru untuk berkompetisi, Bank Riau Kepri akan menjadi mitra usaha untuk mendorong pertumbuhan daerah sebagai bank kebanggaan masyarakat Riau dan Kepulauan Riau. Mandat yang diamanatkan shareholders kepada Bank Riau Kepri, dikristalisasikan pada Visi dan Misi Perusahaan, terutama sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi daerah, menjadikan peran strategis Bank Riau Kepri teramat penting dalam pengejawantahannya. Proses revitalisasi pun dilakukan guna mendorong tercapainya misi dan peranan utama bank sebagai lembaga intermediasi disamping juga fungsi pelayanan kepada masyarakat. Proses pembangunan jaringan distribusi, rekombinasi komposisi dana pihak ketiga, perluasan derivatif produk dan jasa serta peran teknologi informasi yang mutakhir sebagai back bone bisnis Bank Riau Kepri terus menjadi perhatian.

Untuk itu Perubahan menjadi kata kunci mendasar yang dilakukan pada seluruh aspek organisasi Bank Riau Kepri dalam rangka mengantisipasi tingkat peraingan bisnis yang semakin kompetitif untuk selanjutnya turut pula memberikan nilai bagi stakeholders. Langkah awal yang telah dilakukan oleh Bank Riau Kepri merupakan moment yang sangat tepat untuk selanjutnya memberikan warna dan nafas baru dalam upaya peningkatan kinerja organisasi secara signifikan, penajaman kembali visi, misi, strategi dan target yang dirumuskan dalam rencana bisnis bank.

Oleh karenanya, strategi yang telah dicanangkan manajemen yang terfokus melalui Konsep Pelayanan Prima kepada nasabah dengan formulasi bisnis yang fokus pada segmen pasar, tercermin dari reorganisasi struktur perusahaan menjadi berbasis Strategic Business Unit (SBU), peningkatan jaringan distribusi yang didukung teknologi informasi dan sumber daya manusia yang professional.

Dengan mengusung tema sentral “Reaching The Exelence” Bank Riau Kepri berkomitmen memberikan pelayanan terbaiknya kepada nasabah dan pemegang saham melalui redefinisi paradigma bisnis bank ke arah yang lebih baik secara berkelanjutan dengan motto “The Spirit to Grow” -tumbuh dan tumbuh menuju yang terbaik. Komitmen kami adalah memberikan layanan perbankan dengan lebih baik lagi kepada setiap nasabah. Kami akan mengembangkan berbagai produk layanan untuk memenuhi kebutuhan perbankan bagi setiap nasabah.

Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri didirikan  sesuai  dengan  Undang-Undang  No.  13  tahun  1962  tentang Bank Pembangunan Daerah. Terhitung  tanggal 01 April 1966 secara resmi kegiatan Bank Pembangunan Daerah Riau dimulai dengan status sebagai Bank Milik Pemerintah Daerah Riau.

Dengan  berbagai  perubahan  dan  perkembangan kegiatan  bank,  sejak  tahun  1975  status  pendirian Bank  Pembangunan  Daerah  Riau  disesuaikan  dengan Peraturan Daerah Provinsi Daerah Tingkat  I Riau Nomor 10 Tahun 1975, yang kemudian diatur kembali dengan Peraturan Daerah Tingkat I Riau Nomor 18 tahun 1986 berdasarkan  Undang-Undang  Nomor  13  Tahun  1962.

Status  pendirian  Bank  Pembangunan  Daerah  Riau diatur dan disesuaikan dengan Peraturan Daerah No. 14 tahun  1992  tentang  Bank  Pembangunan  Daerah  Riau berdasarkan  Undang-Undang  Nomor  7  Tahun  1992 tentang  Perbankan.  Terakhir  dengan  Peraturan  Daerah Provinsi  Daerah  Tingkat  I  Riau  Nomor  5  Tahun  1998 Tentang  Perubahan  Pertama  Peraturan  Daerah  Provinsi Daerah  Tingkat  I Riau Nomor 14  Tahun 1992  Tentang Bank Pembangunan Daerah Riau.

Selanjutnya  Bank  Pembangunan  Daerah  Riau  disetujui berubah  status  dari  Perusahaan  Daerah  (PD)  menjadi Perseroan  Terbatas  (PT)  sesuai  hasil  Keputusan  RUPS tanggal 26 Juni 2002 yang dibuat oleh notaris Ferry Bakti, SH dengan Akta Nomor 33,  yang  kemudian ditetapkan dengan  Peraturan  Daerah  Nomor  10  tahun  2002 tanggal 26 Agustus 2002 dan telah diundangkan dalam Lembaran Daerah Provinsi Riau Tahun 2002 Nomor 50.

Perubahan Bentuk Hukum  tersebut  telah dibuat dengan Akta  Notaris  Muhammad  Dahad  Umar,  SH  Notaris  di Pekanbaru nomor 36 tanggal 18 Januari 2003 yang telah disahkan  oleh  Menteri  Kehakiman  dan  HAM  dengan Surat  Keputusan  Nomor:C-09851.HT.01.01.TH.2003 tanggal 5 Mei 2003. Perubahan badan hukum  tersebut telah disahkan dalam RUPS tanggal 13 Juni 2003 yang dituangkan  di  dalam  Akta Notaris No.  209  tanggal  13 Juni 2003 Notaris Yondri Darto, SH, Notaris di Batam, dan  telah  pula mendapat  persetujuan  Deputi  Gubernur Senior  Bank  Indonesia  nomor  5/30/KEP.DGS/2003 tanggal 22 Juli 2003.

Sesuai keputusan RUPSLB tanggal 26 April 2010, telah dilakukan  perubahan  nama  PT.  Bank  Pembangunan Daerah  Riau  menjadi  PT.  Bank  Pembangunan  Daerah Riau  Kepri  yang  mendapat  persetujuan  dari  Menteri Hukum dan HAM RI melalui keputusan No.AHU-36484.AH.01.02 Tahun 2010  tanggal 22 Juli 2010 dan Surat Direktur  Jenderal  Administrasi  Hukum  Umum  Direktur Perdata No.AHU.2-AH.01.01-6849  tanggal 25 Agustus 2010,  serta  persetujuan  dari  Bank  Indonesia  melalui Surat  Keputusan  Gubernur  Bank  Indonesia  No.12/59/KEP.GBI/2010  tanggal 23 September 2010. Perubahan nama ini diresmikan secara bersama oleh Gubernur Riau dan Gubernur Kepulauan Riau pada  tanggal 13 Oktober 2010 di Batam.


KEUANGAN

Saham Bank Riau Kepri 100% dimiliki oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.
1. Provinsi Riau
2. Kota Pekanbaru
3. Kabupaten Kampar
4. Kabupaten Bengkalis
5. Kabupaten Indragiri Hulu
6. Kabupaten Indragiri Hilir
7. Kabupaten Siak Sri Indrapura
8. Kota Dumai
9. Kabupaten Pelalawan
10.Kabupaten Rokan Hulu
11.Kabupaten Rokan Hilir
12.Kabupaten Kuantan Singingi
13.Kabupaten Kep. Meranti
14.Kabupaten Bintan
15.Kota Batam
16.Kabupaten Karimun
17.Kabupaten Nautan
18.Kota Tanjung Pinang
19.Kabupaten Lingga
20.Provinsi Kepulauan Riau
21.Kabupaten Anambas

 

VISI

Sebagai perusahaan perbankan yang mampu berkembang dan terkemuka di daerah, memiliki manajemen yang profesional  dan mendorong pertumbuhan perekonomian daerah sehingga dapat memberdayakan perekonomian rakyat

 

MISI

1. Sebagai bank “sehat”, elit dan merakyat  
2. Sebagai Pendorong pertumbuhan ekonomi daerah
3. Sebagai pengelola dana pemerintah Daerah
4. Sebagai Sumber Pendapatan  daerah
5. Membina dan mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah

 

Dewan Direksi

Direktur Utama : DR. Irvandi Gustari
Direktur Operasional : Denny M Akbar
Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko : Eka Afriadi


Dewan Komisaris

Komisaris Utama :  Mambang Mit
Komisaris Independen :  A. Rivaie Rachman

No. Penghargaan Keterangan
1 Rangking 3 Nasional untuk Service Excellent 2015/2016 Pembenahan demi pembenahan di Bank Riau Kepri (BRK) telah mulai memperlihatkan hasil yang gemilang di tingkat nasional. Jumat 29 April 2016 , Asbanda yang bekerja sama dengan Lembaga MRI ( Marketin Researc Indonesia) memaparkan hasil tingkat nasional pada kategori BPD tentang Service Excellent tahun 2015/2016. MRI adalah lembaga yang telah dipakai oleh industry perbankan sejak 20 tahun lalu untuk mengukur setiap tahun tingkat keberhasil Service Excellent untuk perbankan Indonesia
2 The Indonesian Award for Excellence in Leadership 2016 Dirut Bank Riau Kepri DR.Irvandi Gustari dianugerahi " The Indonesian Award for Excellence in Leadership 2016" , oleh Clock Research & Development Center yang bekerja sama dengan 7 Media, Kemenko Perekonomian RI dan Kementrian Perdagangan RI
3 Top CEO BUMD based on Character & Soft Competency 2016 Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) yang beranggotakan 416 Pemerintah Kabupaten di Indonesia dan bekerja sama dengan Lembaga Riset Manajemen terkemuka di Indonesia seperti PPM dan Business News, menganugerahkan “Award Top BUMD 2016" kepada Bank Riau Kepri
4 Top BUMD Special Improvement 2016 Kategori Bidang Layanan Pelanggan Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) yang beranggotakan 416 Pemerintah Kabupaten di Indonesia dan bekerja sama dengan Lembaga Riset Manajemen terkemuka di Indonesia seperti PPM dan Business News, menganugerahkan “Award Top BUMD 2016" kepada Bank Riau Kepri
5 PWI Award 2016 Penghargaan ini diraih atas komitmen Bank Riau Kepri membangun daerah, memberikan perhatian kepada pertumbuhan dan perkembangan media di Riau serta kepedulian terhadap Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau.
6 INFOBANK Award 2016 The Best 3rd All Aspect Service Excellence InfoBank menyelenggarakan malam apresiasi bagi industri perbankan nasional dalam aspek pelayanan berkualitas atau dikenal dengan Service Excellent. Ajang Infobank Award ini merupakan award yang paling bergengsi pada industri perbankan di Indonesia.
7 INFOBANK Award 2016 The Best 3rd Customer Service Category InfoBank menyelenggarakan malam apresiasi bagi industri perbankan nasional dalam aspek pelayanan berkualitas atau dikenal dengan Service Excellent. Ajang Infobank Award ini merupakan award yang paling bergengsi pada industri perbankan di Indonesia.